Isnin, Julai 11, 2011

MENGUBAH KEGAGALAN MENJADI PELUANG



Kegagalan adalah sesuatau yang sangat di hindari oleh setiap orang. Bahka setiap akan melakukan sesuatu orang akan merencanakan nya dengan sangat matang agar mereka tidak bertemu dengan kegagalan. Tapi tahu ah anda bahwa tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak pernah gagal, hampir semua orang pernah mengalami yang nama nya gagal walaupun mungkin kadar nya berbeda-beda. Gagal adalah salah satu proses kehidupan ..tuhan menciptakan kegagalan agar kita belajar  bagaimana menjadi orang yang lebih baik, banyak orang sukses saat ini , dulunya adalah orang yang sering mengalami kegagalan. Sehingga mereka lebih banyak belajar . jadi mulai dari sekarang jangan takut akan kegagalan karena kita tidak pernah merencanakan kegagalan. Cepat lah bertindak jangan sampai rasa takut akan kegagalan yang ada dalam diri kita menghalangi kita untuk bertindak.
“ cepat bertindak = cepat gagal = cepat belajar = cepat melakukan perbaikan”
 Mulai dari sekarang  janagn takut akan kegagalan, ada beberapa alas an mengapa kita harus menerima kegagalan, di antaranya:

1.      kegagalan adalah indikasi bahwa apa yang kita lakukan itu salah sehingga kita tidak akan melakukan nya lagi karna kita tahu bahwa dengan cara itu kita gagal , sehingga kita akan mencari jalan lain dan akan melakukan terobosan – terobosan yang revolusioner  untuk mencapai tujuan.
2.      kegagalan membuat kita menjadi pribadi yang lebih kuat. Awal nya memang ketika kita mengalami kegagalan  akan serasa sakit dan putus as tapi itu hanya untuk sementara. Dengan kegagalan itu kita akan terpacu untuk menjadi pribadi yang lebih tangguh dan lebih siap menghadapi segala bentuk resiko.
3.      kegagalan bisa menginspirasi kita dan menbakar semangat kita.jadian lah  kegagalan itu sebagai bahan bakar untuk kita lebih semangat lagi. Pada saat kita gagal tentunya kita merasakan sakit hati atau kecewa. Dari situ kita bias merasakan bagaimana rasanya kecewa dan sakit hati  sehingga kita tidak akan mau untuk merasakan nya lagi.
4.      kegagalan menadikan orang menjadi lebih pedli sesame dan lebih lembut.
5.      kegagalan menjadi kan ita lebih berani ..karena kegagalan adalah sesuatu yang tidak bisa terpisahan dari kehidupan sehingga kita menyadari bahwa setiap kita bertindak hanya ada 2 kemungkinan yaitu gagal dan berhasil. Dan itu akan membuat kita tidak takut untuk gagal dan menjadikan kita tidak takut untuk bertindak.
6.      kegagalan adalah jalan untuk kita mendapat kan pelung yang lebih bagus . saya jadi ingat kata – kata pak Mario teguh “ PHK adalah sebuah  kesempatan untuk yang sedang ragu untuk memulai ber wirausaha”
dari  kata kata itu kita bias mengambil hikmah bahwa kegagalan itu tidak selalu buruk, kegagalan akan menjadi buruk jika respon kita jelek. Tapi jika respon  kita bagus maka kegagalan itu justru akan menjadi kan peluang untuk kita melakukan sesuatu yang lebih baik. Seorang karyawan yang sedah bekerja selam bertahun-tahun di perusahaan. Api di saat itu juga di selalu memikirkan bagaimana cara nya menjadi pengusaha.. dia terus memikarkan ..tapi dia ragu untuk bertindak. kArna takut akan kegagalan . suatu hari dia kena PHK, oleh perusahaan .karna umur nya sudah tua jadi dia memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha  seprti yang telah dia rencanakan  sewaktu masih menjadi karyawan, dari ilustrasi di atas dapat di simpulakan bahwa PHk yag terjadi pada karyawan tersebut telah membuat dia memberanikan diri menjadi pengusaha yang awal ya dia selalu ragu untuk memulai .namun karna di PHK dia pen memberanikan diri untuk memulai.

Lalu langkah apa saja yang dapat kita lakukan agar kegagalan itu menjadi peluang emas?


1. Pertama adalah menerima kegagalan, tetapi menolak menyerah dengan tetap memelihara semangat juang. Lalu bergegas mengidentifikasi kesalahan, dan menganalisa penyebabnya.


2. Ketika Anda berhasil mengidentifikasi kesalahan dan penyebabnya, maka segeralah lakukan perbaikan. Jika diperlukan kembangkanlah sistim baru agar kesalahan serupa tidak terulang kembali. Belajarlah dari kesalahan dan tidak mengulanginya lagi. Einstein mengatakan, "Insanity is doing the same thing over & over again & expecting different result. - Suatu kebodohan jika kita melakukan hal yang sama berulang-ulang tetapi kita menginginkan hasil yang berbeda."


3. Segera melakukan tindakan dan menjadikan setiap situasi sebagai kesempatan kedua yang potensial. Tindakan cepat akan sangat membantu Anda menghindari kerugian yang lebih besar.


4. Fokuslah pada hasil dan tetaplah bersemangat, dan jangan lagi menengok ke belakang atau surut langkah karena kendala yang akan menghadang.


5. Berani mengambil resiko, dan menganggapnya sebagai bagian dari ekplorasi. Keberanian mengambil resiko memungkinkan Anda untuk terus berkembang.


6. Yang terakhir adalah menikmati setiap proses yang dialami, entah senang, sedih, menemui kemudahan atau kesulitan, mendapati situasi memburuk atau membaik dan lain sebagainya. Ketika kita benar-benar berhasil mewujudkan impian kedalam kenyataan, tentu itu akan menjadi saat yang paling membahagiakan dari serangkaian proses yang Anda jalani.


sumber :
http://www.andriewongso.com/


0 komentar:

Catat Ulasan

 
Design by yusup doank | Bloggerized by yusup doank juga | coupon codes