Rabu, Oktober 19, 2011

ciri-ciri orang sunda

yang dimaksud orang sunda disini adalah orang sunda yang ada di jawa barat lo.. ya ..
secara gw kan orang jawabarat. urang sunda itu memiliki ciri2 yang unik yang mungkin ga bisa di temukan di suku2 lain di indonesia. tau ga sih... klo ada sebagian orang sunda tuh..punya bakat alami untuk mengenali seseorang itu orang sunda atau bukan tanpa harus ngobrol atau pun kenal satu sama lain nya..ini di karnakan ada ciri perbedaan secara fisik dengan suku lain ..yang tidak bisa di jelas kan kalo seandai nya di tanyakan..

ni ada beberapa ciri orang sunda yang gw baca dari sebuah artikel.

1. tidak bisa lepas dari kata "MAH" sama "TEH"
wah ini yang paling sering gw denger dari orang sunda,kata "teh" sepertinya sudah menjadi tredmark bagi orang sunda yang sudah terkenal ke seantero negri..tapi ada juga sih ..orang sunda yang sudah jarang pake kata "teh" biasa nya orang sunda yang tinggal di daerah yang tidak berbahasa sunda..tapi kaya nya yang paling sulit hilang dari orang sunda itu kata "mah" mau bicara pake bahasa apa juga bahasa 'mah" tu..ada aja.... ada juga lohh..kata 2 yang sering di sebut sama orang sunda walaupaun lagi ngomong bahasa indonesia ..ya itu kata "ge" sama kata "da".


2. punya tekstur wajah mirip dan ber kulit putih
klo gw sih ga sepenuh nya percaya karna gw banyak punya temen orang sunda yang kulit nya item..he..he.(piss...brooo.),tapi emang mayoritas orang sunda memiliki kulit yang lebih cerah klo di bandingi sama suku2 lain. dan wajah orang sunda juga sangat sederhana dan eazylooking.. biasa nya sih yang kulit nya bagus tuh cewe2 nya .(huuh..denganberat hati gw harus bilang ini..)klo cwo nya..sih katanya biasa aja, ini udah gw buktiian ,,temen2 cewe gw yang orang sunda emang kulit nya putih2 and cantik2 lagi.

3. mengganti "f" dengan "p"
klo ini sih kealam in ama gw sendiri, ntah kenapa yah ... susah bilang "f".gw juga ga tau kenapa....tapi skarang mah gw.. udah bisa dong ..bilang"f" walaupun kadang2 lupa jadi "p" lagi.. secara skarang gw kan tinggal di "parancis"..( hehhee."francis"..kali..!!)

4.lemah lembut bicara nya
kaya nya ga semua orang sunda lembut deh ngomong nya...kalo di daerah gw sih di karawang city..tepatnya di REPUBLIK RENGASDENGKLOK... boro2 lembut..ngomong nya caci maki mulu..."sia" "aing" wae ngomong nya juga.. huh.. mungkin klo di daerah parahyangan ..memang iya ngomong nya lemah lembut..

5. jarang merantau
"yaiyalah ngapain merantau..orang pusat pembangunan ada di jawa barat. orang yang dari daerah lain aja pada kesini" itu kalimat yang sering gw denger dari orang sunda. walaupun ada sih yang meranatau..tapi dikit..tapi kallo pemuda sunda ngerantau bukan karena nyari kerja2 amat tapi karna ingin menikmati pasilitas2 yang ada di kota besar. selain itu orang sunda sangat menyayangi anak nya jadi para orang tua ga mau jauh dari anak nya..

sebenar nya sih..masih banyak ciri2 yang lain nya....tapi lw cari sndiri aja dechh..

kalo ada yang mau nambah in silahkan.. kalo ada yang ga setuju juga di persilahkan...ok...broo
maksud dari artikel ini ga da apa2 kok..cuman ingin "shering" aja.. ingat..artikel ini jangan di jadikan sebuah REFERENSI.. karena artikel ini hanya pendapat pribadi.
SUMBER

yang harus anda lakukan adalah KLIK DISINI

tinggalkan komentar

1 komentar:

Tanpa Nama berkata...

sae pisan lah

Catat Ulasan

 
Design by yusup doank | Bloggerized by yusup doank juga | coupon codes