Isnin, Oktober 03, 2011

Kegagalan Adalah Kompetensi



"Apa saja ni'mat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi."
(QS-4:79)

"Kegagalan adalah pencapaian, hasil dari seperangkat kompetensi yang kita latih setiap hari."
(Ikhwan Sopa)

Kita sering sekali sulit menerima kegagalan. Kita sedih jika kita gagal. Biasanya, kita langsung mencari "sesuatu" atau "seseorang" untuk disalahkan. Pada akhirnya, telunjuk yang menuding itu akan mengarah ke diri kita sendiri. Kegagalan sering membuat kita frustrasi.

Setiap kegagalan, adalah sebuah hasil pencapaian, dari serangkaian proses yang kita bangun sendiri. Kita membangun semua proses itu, dengan mengerahkan segala keahlian yang kita sendiri tidak menyadarinya. Keahlian itu, adalah keahlian untuk menjadi gagal.

Di satu sisi,

"Gagal hanya ada jika kita berhenti."

Di sisi yang lain,

"Insanity is doing the same thing over and over again and expecting different results."
Albert Einsten

Maka mengulangi lagi dan lagi, dengan hanya sekedar mengulangi saja, sama artinya dengan mengeksekusi kembali segala keahlian dan kemampuan kita untuk mencapai hasil yang sama, yaitu kegagalan. Kita perlu merubah keahlian dan kemampuan ini.

Kita sering tak menyadari, manakala kita terjebak pada fenomena "self fulfilling prophecy" alias prediksi yang terpenuhi dengan sendirinya.

Di sisi yang baik, kita mengenal "pygmalion effect" atau "rosenthal effect", di mana sebentuk pujian, semakin menguatkan perilaku yang dipuji. Kita juga mengenal "placebo effect", di mana suatu masukan, menjadi kebenaran karena pengaruh keyakinan dan kepercayaan.

Di sisi yang buruk, terjadi pula proses yang sama. Di antaranya, ya "self fulfilling prophecy" itu tadi, yang dalam hal ini adalah prediksi buruk yang menjadi kenyataan.

"Waduh... bakal gagal neh."
"Alah... saya mah emang nggak becus."
"Aku ini emang nggak cocok jadi pengusaha."

Dalam berbagai literatur, ungkapan-ungkapan di atas dianggap mencerminkan sebentuk "cetak biru" bagi pribadi. Menunjukkan sebentuk cara pandang tentang diri sendiri. Ketika cara pandang ini telah diterima sebagai keyakinan, karena terus-menerus disuntikkan ke dalam pikiran, ia akan merembes menjadi "cetak biru" yang dianggap benar.

Cetak biru ini, oleh para pakar sering disebut sebagai "self image". Mereka meyakini, bahwa setiap orang, dengan apapun yang menjadi sikap, perilaku, dan keputusannya, tak akan bergerak jauh dari "cetak biru" ini.

Sejak ia dianggap benar, maka segala sikap dan perilaku, akan bergerak berdasarkan inspirasi itu. Kita tak boleh lupa, bahwa kita adalah makhluk inspirasi dan makhluk aspirasi. Kita selalu cenderung mengambil referensi dari dalam diri sendiri - sekalipun itu adalah hasil cetakan dari luar diri, untuk kemudian mengejawantahkannya keluar, ke dalam kehidupan pribadi.

"Self fulfilling prophecy" bekerja dengan "positive feedback", yaitu bentuk respon ke dalam diri sendiri, di mana respon itu akan menyediakan umpan balik, bagaimanapun status dari suatu keadaan, baik benar maupun salah.

Saya jadi ingat, di dunia auditing dan akuntansi ada model konfirmasi positif dan konfirmasi negatif (saya seorang akuntan - register D-16804). Konfirmasi positif adalah sebentuk konfirmasi yang disampaikan, baik ada atau tidak ada penyimpangan. Konfirmasi negatif adalah sebentuk konfirmasi yang disampaikan, hanya jika ada ketidakcocokan.

Uniknya, dalam hal "self fulfilling prophecy" setiap feedback (positive mode) akan diacu kepada sesuatu yang dianggap benar sedari awal ("cetak biru"), dan bahkan, dengan kekuatan emosional menjadi "dibenarkan", karena kita ingin bahwa itu benar. Sekalipun, feedback itu menyatakan "something is wrong". (Kalo nggak mudeng nggak usah dibahas, lanjut aja langsung ke bawah... ane juga mumet)

Berikut ini adalah dua poin yang punya peran, dalam menciptakan "cetak biru" bagi diri sendiri. Inilah sebagian, dari sekian banyak hal, yang telah "membantu" seseorang dalam merumuskan jati dirinya dengan salah arah, inilah yang telah "membantu" seseorang dalam membangun "kompetensi kegagalan".

0 komentar:

Catat Ulasan

 
Design by yusup doank | Bloggerized by yusup doank juga | coupon codes