Ketika kita menilai secara positif tentang diri kita, tentang kejadian – kejadian yang sedang terjadi ataupun yang akan terjadi pada diri kita.
TANDA - TANDA :
Percaya akan berhasil
Mampu menghancurkan ketakutan pada kegagalan
Memiliki Sikap Positif
1.Aktif berusaha
2.Menyadari diri sebagai orang penting
3.Mampu melayani orang lain seperti dirinya ingin dilayani.
sumber berfikir positif
1.KEBIASAAN BERKATA POSITIF
POSITIF : MERAIH, MANFAAT, SENYUM,
SUKSES, BERHARGA.
NEGATIF : ANEH, SULIT, CURANG, BENCI,
KASIHAN.
2.KONSEP DIRI POSITIF
3.RASA SYUKUR
PENGALAMAN PENDUKUNG (LEBIH BANYAK MEMIKIRKAN KESUKSESAN YANG TELAH DIRAIH DARIPADA KEGAGALAN YANG PERNAH
hambatan berfikir positif
INTIMIDASI ORANG NEGATIF
@.SIKAP MENYALAHKAN PADA :
>DIRI SENDIRI
>ORANG LAIN
>KEADAAN
@.KEBIASAAN NEGATIF
@.RASA TAKUT / KHAWATIR
@.SIKAP MENYERAH PADA MASALAH.
cara2 berfikir positif
>PERNYATAAN POSITIF.
PERNYATAAN POSITIF ADALAH : SEBUAH PERNYATAAN YANG LEBIH MENGENAI APA YANG ANDA INGINKAN, BUKAN APA YANG TIDAK ANDA INGINKAN.
>CITRAKAN SECARA POSITIF
>MEYAKINI HAL POSITIF DAN MENYIMPANNYA SEBAGAI INFORMASI / DATA DALAM OTAK ANDA
>MENYINGKIRKAN KELEMAHAN DAN MENCARI KEKUATAN BARU YANG DAHSYAT.
kebiasaan manusia yang sangat efektif
TUJUH KEBIASAAN MENGGAMBARKAN INTERNALISASI PRINSIP – PRINSIP YANG BENAR YANG MENJADI DASAR BAGI KEBAHAGIAAN DAN KEBERHASILAN YANG LANGGENG.
KITA ADALAH APA YANG KITA KERJAKAN BERULANG – ULANG. KARENA ITU, KEUNGGULAN BUKANLAH SUATU PERBUATAN, MELAINKAN SEBUAH KEBIASAAN. (ARISTOTLE).
KEBIASAAN ADALAH TITIK PERTEMUAN ANTARA :
PENGETAHUAN (APA YANG HARUS
DILAKUKAN, MENGAPA)
KETERAMPILAN (BAGAIMANA MELAKUKAN)
KEINGINAN (MAU MELAKUKAN).
efektif: MEMBERIKAN HASIL JANGKA PANJANG YANG MENGUNTUNGKAN SEMAKSIMUM MUNGKIN.
TUJUH KEBIASAAN EFEKTIF SEBAGAI :
PEMBERI KEKUATAN
PEMECAH MASALAH
MEMAKSIMUMKAN PELUANG
TERUS MENERUS BELAJAR DAN MEMADUKAN
PRINSIP – PRINSIP DALAM SPIRAL PERTUMBUHAN
KEATAS.
KEBIASAAN 1, 2, 3 :
PENGUASAAN DIRI
KEMENANGAN PRIBADI
INTI PERTUMBUHAN KARAKTER.
KEBIASAAN 4, 5, 6 :
KEPRIBADIAN DALAM KERJA TIM,
KERJA SAMA
KEMENANGAN PUBLIK
KOMUNIKASI.
KEBIASAAN 7 :
KEBIASAAN PEMBARUAN
MELINGKARI DAN MEMADUKAN SEMUA
KEBIASAAN LAIN.
DALAM KEPALA KITA :
PETA SEGALA SESUATU SEBAGAIMANA ADANYA (REALITAS)
PETA SEGALA SESUATU SEPERTI SEHARUSNYA (NILAI)
KITA MENAFSIRKAN SESUAI PETA DAN JARANG MEMPERTANYAKAN KEAKURATAN PETA TERSEBUT.
KITA HANYA MENGASUMSIKAN. PERILAKU DAN SIKAP BERTUMBUH DARI ASUMSI – ASUMSI ITU CARA BERTINDAK / BERPIKIR.
paradigma dan prinsip
paradigma : SUMBER SIKAP DAN PERILAKU MANUSIA.
perubahan paradigma
MENGUBAH KE ARAH POSITIF DAN NEGATIF
BERSIFAT SPONTAN ATAU BERTAHAP
MENGGERAKKAN KITA DARI SATU CARA
MELIHAT DUNIA KE CARA YANG LAIN.
prinsip= HUKUM ALAM, TIDAK BERUBAH DAN TIDAK DAPAT DIBANTAH.
prinsip = pedoman tingkah laku manusia yang terbukti mempunyai nilai langgeng dan permanen
7 kebiasaan efektif
PENDEKATAN YANG BERPUSAT PADA PRINSIP
PENDEKATAN BERDASARKAN KARAKTER
PENDEKATAN “DARI DALAM KE LUAR” (MULAI DARI DIRI SENDIRI, PARADIGMA ANDA, KARAKTER ANDA, MOTIF ANDA)
kebiasaan 1 > "jadilah proaktif" = KITA BERTANGGUNG JAWAB ATAS HIDUP KITA SENDIRI.
proaktif BERARTI TIDAK MENYALAHKAN KEADAAN, KONDISI, ATAU PENGKONDISIAN UNTUK SUATU PERILAKU.
rekatif >> DIPENGARUHI OLEH LINGKUNGAN FISIK.
CUACA MEMPENGARUHI SIKAP DAN PRESTASI ORANG REAKTIF ; ORANG PROAKTIF DAPAT MENGATUR CUACA MEREKA SENDIRI.
kebiasaan 2 > mulai dari akhir dalam fikiran
MEMULAI DENGAN PENGERTIAN YANG JELAS MENGENAI TEMPAT TUJUAN ANDA.
SEGALANYA DICIPTAKAN DUA KALI :
CIPTAAN MENTAL
CIPTAAN FISIK.
kebiasaan 3 > dahulukan yang harus di dahulukan
MATRIKS MANAJEMEN WAKTU :
>> PENTING DAN URGEN, (KUADRAN I)
HASIL : STRES, LETIH, MANAJEMEN KRISIS.
>>TIDAK PENTING DAN URGEN (KUADRAN III)
HASIL : REPUTASI KARAKTER BUNGLON,TUJUAN DAN RENCANA TIDAK DIHARGAI, MERASA JADI KORBAN,HUBUNGAN DANGKAL.
>>TIDAK PENTING DAN TIDAK URGEN (KUADRAN IV)
HASIL : TIDAK BERTANGGUNG JAWAB,DIPECAT DARI PEKERJAAN, TERGANTUNG PADA ORANG LAIN.
>>PENTING DAN TIDAK URGEN (KUADRAN II).
HASIL : VISI, SEIMBANG, DISIPLIN, DALAM KENDALI, BEBERAPA KRISIS.
MANUSIA EFEKTIF BERADA DI KUADRAN II, MENGURANGI I
kebiasaan 4 >> berfikir menweng/menang
6 PARADIGMA INTERAKSI MANUSIA :
>>MENANG / MENANG :
MENCARI KEUNTUNGAN 2 PIHAK BUKAN JALAN SAYA, JALAN ANDA TETAPI JALAN YANG >>LEBIH BAIK, YANG LEBIH TINGGI.
>>MENANG / KALAH : OTORITER
>>KALAH / MENANG :
TIDAK MEMILIKI STANDAR, TIDAK MEMPUNYAI VISI, MENGAMBIL KEUNTUNGAN.
>>KALAH / KALAH :
SANGAT BERGANTUNG, MENDERITA, BERPIKIR SEMUA ORANG HARUS MENDERITA
>>MENANG:
MENGAMANKAN TUJUANNYA SENDIRI, MENYERAHKAN KEPADA ORANG LAIN UNTUK MENGAMANKAN TUJUAN MEREKA
>>MENANG / MENANG ATAU TIDAK ADA TRANSAKSI :
JIKA TIDAK ADA SOLUSI, TIDAK ADA KONTRAK KERJA YANG DITETAPKAN.
kwebiasaan 5 > berusaha mengerti lebih dahulu baru di mengerti
syarat : MENDENGARKAN EMPATIK
KEBUTUHAN TERBESAR MANUSIA :
KELANGSUNGAN HIDUP PSIKOLOGIS
UNTUK DIMENGERTI
UNTUK DITEGUHKAN
UNTUK DIABSAHKAN
UNTUK DIHARGAI.
kwebiasaan 6 >> wujudkan sinergi = KESELURUHAN LEBIH BESAR DARI PADA JUMLAH BAGIAN – BAGIANNYA.
MEMBERI KEKUATAN
MENYATUKAN
MENYENANGKAN
SINERGI TERJADI JIKA :
KEPERCAYAAN TINGGI
KERJA SAMA TINGGI.
kebiasaan 7 > asahlah gergaji = MENGEKPRESIKAN 4 MOTIVASI SECARA TERATUR DAN KONSISTEN DENGAN CARA BIJAKSANA DAN SEIMBANG.
4 motivasi
EKONOMI (FISIK)
SOSIAL / EMOSIONAL (RASA AMAN, PELAYANAN)
MENTAL (MEMBACA, VISUALISASI, MENULIS, MERENCANAKAN)
SPIRITUAL (KOMITMEN, STUDI, NILAI).
melatih 7 kebiasaan efektif
“PENGALAMAN BURUK YANG PERNAH DIALAMI”
DEFINISIKAN SESUAI DENGAN :
SIKAP PROAKTIF
MULAI DENGAN AKHIR DI PIKIRAN
DAHULUKAN YANG HARUS DIDAHULUKAN
BERPIKIR MENANG / MENANG
BERUSAHA MENGERTI UNTUK DIMENGERTI
MEWUJUDKAN SINERGI
MENGASAH GERGAJI.
0 komentar:
Catat Ulasan